A.
Grafik 2D
Plot Sintaks
• plot(Y) →
menggambar garis yang didefinisikan oleh titik Y terhadap indeksnya (Y bil
real)
• plot(X,Y) →
menggambar garis yang didefinisikan oleh pasangan X terhadap Y
Mengatur Grafik
• LineStyle(bentuk
garis) pada grafik, dapat diatur dengan memilih bentuk :
LineWidth : mengatur
ketebalan garis.
Default LineWidth
adalah 0.5 points (1 point = 1/72 inch).
Marker :menggambar
bentuk (mark) titik data
·
Garis:
Solid, Dashed, Dotted, Dashdot
·
Point:
titik, plus, bintang, lingkaran, tanda x
Mengatur Warna Garis
·
Warna
garis dapat diatur dengan menambahkan pilihan
warna, yaitu : r: merah, g: hijau, b:
biru, y: kuning, k: hitam, w: putih, c: cyan, m: magenta
Mengatur Nilai pada sumbu
x = -pi:0.1:pi;
y = sin(x);
plot(x,y)
set(gca,’XTick’,-pi:pi/2:pi)
set(gca,’XTickLabel’,{‘-pi’,'-pi/2′,’0′,’pi/2′,’pi’})
Menambahkan Label &
Judul grafik
• xlabel →menambahkan label untuk
sumbu x
• ylabel →menambahkan label untuk
sumbu y
• title → menambahkan judul
Menambahkan legend pada
grafik
Sintaks :
subplot(banyak_baris,banyak_kolom,nomor_jendela)
• grid→memunculkan grid line pada
gambar (on dan off)
• grid on→memunculkan grid line pada
gambar
• grid off→menghilangkan grid line pada
gambar grid Menambahkan teks pada grafik Sintaks : text(x,y,’string’)
Penulisan karakter simbol
di matlab
• Contoh:
text(0.4,.5,’e^{i\omega\tau}
=
cos(\omega\tau) + i
sin(\omega\tau)’)
Mengatur teks dengan
mouse
• Sintaks :
gtext(‘string1’,’string2’,…)
fill → fill warna
pada grafik
fill(x,y,’c’)
Stairs
• Untuk menggambar grafik tangga
• Untuk menggambar grafik batang
• Sintaks :
– bar(Y)
– bar(x,Y)
– bar(…,width)
– bar(…,’style’) → ‘stack’,’group’
– bar(…,’bar_color’) → ‘r’,g’, …
Pie
• Menggambar pie
chart
• Sintaks :
pie(X)
pie(X,explode)
pie(…,labels)
sumber : besmart.uny.ac.id materi
aplikom(kuswari 2010)
B.
Grafik 3D
·
plot3
plot3 berfungsi untuk
menggambar grafik garis 3 Dimensi
Sintak umum :
plot3(x1,y1,z1,S1,x2,y2,z2,S2,…)
Keterangan:
xn,yn,zn : vector atau matriks
Sn: karakter string, bersifat opsional,
untuk mengatur warna, symbol, style garis
Contoh :
»t=0:pi/50:10*pi;
» plot3(sin(t),cos(t),t,’-o’)
»
title(‘Helix’),xlabel(‘sin(t)’),ylabel(‘cos(t)’),zlabel(‘t’)
» text(0,0,0,’titik asal’)
sintak perintah menambahkan text : text(x,y,z,’string’)
mengatur axis : axis(xmin,xmax,ymin,ymax,zmin,zmax).
Merubah
sudut pandang:
Grafik 3D mempunyai sudut pandang, yang
disebut dgn azimuth dan elevasi. Nilai default azimuth=-37.5o dan elevasi= 30o.
Perintah untuk merubah sudut pandang
adalah view(az,el)
Contoh :
menggambar 3 buah grafik garis 3D dalam
satu figure
» x=linspace(0,3*pi);
» z1=sin(x);
» z2=sin(2*x);
» z3=sin(3*x);
» y1=zeros(size(x));
» y2=ones(size(x));
» y3=y2/2;
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
contoh perubahan sudut pandang:
» subplot(2,2,1);
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘default, Az=-37.5 El=30′)
» view(-37.5,30)
» subplot(2,2,2);
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘dirotasi ke 52.5′)
» view(-37.5+90,30)
» subplot(2,2,3);
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘elevasi menjadi 60′)
» view(-37.5,60)
» subplot(2,2,4)
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘Az=0 El=90′)
» view(0,90)
» grid
Beberapa fungsi view:
view(2)mengeset sudut pandang ke
default 2 dimensi, az=0, el=90
view(3)mengeset sudut pandang ke
default 3 dimensi, az=-37.5, el=30
[az,el]=view Memperoleh nilai azimuth
dan elevasi dari grafik yang ada
Mesh
Perintah Mesh berfungsi untuk membuat
grafik dari fungsi dengan dua variabel z=f(x,y). Hasilnya berupa grafik yang
tampilannya seperti jala.
Contoh:
» x=-7.5:0.5:7.5;
» y=x;
» [X,Y]=meshgrid(x,y);
» R=sqrt(X.^2+Y.^2)+eps;
» Z=sin(R)./R;
» mesh(X,Y,Z)
Melihat bagian grafik
yang tersembunyi:
Perintah hidden off akan membuat bagian
grafik yang tersembunyi menjadi terlihat.
Cobalah perintah hidden off di bawah
perintah mesh(X,Y,Z). Untuk menyembunyikan lagi, ketikkan hidden on
meshgrid berfungsi untuk membuat
matriks X yang baris-barisnya duplikat dari matriks x, dan Y yang
kolom-kolomnya duplikat matriks y. Lebih jelasnya, perhatikan hasil dari contoh
berikut:
» x=2:0.5:5
» y=x*2
» [X,Y]=meshgrid(x,y)
Variasi perintah mesh adalah meshc dan
meshz, sintaknya sama dengan sintak mesh
Waterfall
Perintah waterfall menghasilkan grafik
yang sama dengan perintah mesh, tetapi garis-garis jala hanya tampak dari arah
sumbu x.
Contoh
» waterfall(X,Y,Z)
Surf
Perintah surf berfungsi untuk
menggambar grafik bidang permukaan. Sintaknya sama dengan perintah mesh.
Contoh :
surf(X,Y,Z)
Ada dua variasi perintah surf, yaitu
surfc dan surfl
Contour, Pcolor dan
Quiver
Pcolor merupakan ekuivalensi 2 dimensi
dari surf.
Contour menggambar grafik garis yang
sesuai dengan ketinggian bidang
Quiver memberi arah panah, banyak
digunakan untuk menggambar medan magnet
Shading interp; mengubah bayangan/warna
menjadi interpolasi
Contoh :
» [X,Y,Z]=peaks(30);
» [X,Y,Z]=peaks(30);
» surf(X,Y,Z)
» pcolor(X,Y,Z)
» shading interp
» hold on
» contour(X,Y,Z,19,’k’) % gambar 19
garis contour warna ‘k’ (hitam)
» [dy,dx]=gradient(Z,0.5,0.5);
» quiver(X,Y,dx,dy)
» cs=contour(X,Y,Z); %mengambil angka
sesuai contour/ketinggian
» clabel(cs) % memberi label angka
sesuai ketinggian
Sumber : dari besmart.uny.ac.id materi aplikom(kuswari 2010)
http://nonnamellanie.blogspot.co.id/2012/11/cara-membuat-grafik-dengan-matlab.html
0 komentar:
Posting Komentar